Sunday, February 28, 2010

Ditelepon Hadi Utomo, Reza Amini Penggantian Mertua | Tribun Timur

Ditelepon Hadi Utomo, Reza Amini Penggantian Mertua | Tribun Timur

Makassar News

Minggu, 28 Februari 2010 | 03:49 WITA

Makassar, Tribun - Mantan Ketua DPD I Demokrat Sulsel Reza Ali menegaskan penonaktifan Ketua DPC Tana Toraja Embon Tandipayuk dan Edy Mangnga sebagai sekretaris sudah menjadi langkah tepat. Edy juga sekaligus mertua Reza yang kini duduk sebagai Anggota Komisi IX DPR RI.

Reza menjelaskan sebelum penonaktifan tersebut, dirinya diminta memberikan masukan bagi DPP sebelum menentukan sikap. Bahkan, Ketua Umum DPP Demokrat Hadi Utomo langsung menghubungi Reza untuk diajak berkonsultasi terkait dengan kisruh pencalonan jagoan Demokrat di Pilkada Tana Toraja.
"Saya langsung ditelepon ketua umum untuk diajak berkonsultasi. Dan memang itu menjadi masukan saya kepada beliau (penggantian ketua). Tetapi yang saya tegaskan di sini, langkah itu merupakan penonaktifan sementara untuk memperlancar proses pendaftaran ke KPU (komisi pemilihan umum)," kata Reza di Makassar, Sabtu (27/2).
Ia membenarkan penonaktifan tersebut karena terkait pilkada. Embon disebutkan menolak menandatangani surat pengusungan dari DPC ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang menjadi syarat pendaftaran.
"Bisa jadi setelah pendaftaran dan pilkada kembali seperti semula. Penunjukan pejabat pelaksana dalam rangka proses pendaftaran dan terkait persoalan pilkada lainnya. Embon tidak menandatangani usungan, tetapi sekretaris di saat bersamaan ada di Jakarta," jelasnya.
Menurutnya, kondisi yang kini terjadi disejumlah pengurus DPC sudah diperkirakan sebelumnya. Karena, selama ini proses penjaringan calon yang diusung partai yang kini dipimpin Syamsul Mappareppa sangat terlambat. Selain itu, sejumlah proses dinilai Reza jangkal.
Seperti pelaksanaan fit and propert test dan survei yang kembali dilakukan bagi kandidat yang sebelumnya sudah mengantongi rekomendasi resmi dari DPP Demokrat. Seperti Victor Datuan Batara di Tana Toraja serta Baso Amirullah di Pangkep.
Sebelumnya, DPP Demokrat menonaktifkan Embon dan Edy melalui
SK bernomor 69/SK/DPP.PD/DPC/II/2010 yang diteken langsung Hadi dan Sekjen Amir Syamsuddin. Embon adalah kandidat kepala daerah Tana Toraja yang tidak diusung koalisi PDS dan PDK.
Sebagai gantinya, DPP Demokrat menunjuk Nelli A Dase sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC Partai Demokrat Tana Toraja dan Hasna Alang sebagai Plt Sekretaris. Ketua DPD I Demokrat Sulsel Syamsul Mappareppa yang dikonfirmasi mengaku belum menerima SK DPP tersebut. Namun, menurutnya jika benar ada penggantian pihaknya segera akan membahas persoalan tersebut.(axa)

No comments: