Tuesday, February 16, 2010

Tribun Timur: Pendaftaran SNMPTN Secara Online

Tribun Timur: Pendaftaran SNMPTN Secara Online

Makassar News

Makassar, Tribun -Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2010 akan dilaksanakan secara online. Pendaftaran dibuka mulai 2 hingga 31 Mei mendatang.

Hal ini merupakan pendaftaran perdana pada seleksi penerimaan mahasiswa baru PTN. Sebelumnya, pendaftaran dilakukan secara manual yakni calon mahasiswa mendaftar langsung di kampus favorit.
Ketua SNM-PTN Prof Dr Herry Suhardiyanto Msc mengatakan hal itu saat jumpa pers di Hotel Imperial Aryaduta Makassar, Senin (15/2). Pada jumpa pers ini juga hadir Menteri Pendidikan Nasional RI Muhammad Nuh, Ketua Majelis Rektor PTN Prof Dr Musliar Kasim MSc, dan Dirut Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo.
Menurutnya, SNMPTN 2010 tetap dilaksanakan dalam semangat untuk memperluas akses masyarakat di seluruh Indonesia untuk dapat masuk ke PTN. "Salah satu bentuk perbaikan dan penyempurnaan mekanisme pelaksanaannya sistem pendaftaran secara online untuk pertama kalinya," ujarnya.
Dengan kebijakan baru itu, pendaftaran bisa dilakukan di manapun, asalkan ada fasilitas internet. SNMPTN merupakan pola seleksi yang dilakukan secara bersama oleh seluruh PTN dalam satu sistem terpadu dengan menggunakan soal yang sama atau setara dan diselenggarakan serentak di Indonesia.
Perubahan itu merupakan salah satu hasil rapat Majelis Rektor PTN Indonesia di Makassar, Minggu (14/2). Puluhan rektor hadir pada rapat ini. (ana)

No comments: