Friday, February 12, 2010

Tribun Timur: Resmikan RS Pendidikan Unhas

Tribun Timur: Resmikan RS Pendidikan Unhas

Makassar News

Makassar akan mendapatkan tambahan fasilitas kesehatan dengan diresmikannya Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas), universitas kebanggaan Kota Makassar.

Secara historis, Makassar merupakan pusat pelayanan kesehatan di Indonesia timur. Kota ini memiliki sejumlah rumah sakit besar, rumah sakit milik pemerintah maupun swasta.

Rumah sakit milik pemerintah yang paling besar dan paling lengkap di Makassar adalah Rumah Sakit Umum Wahidin Sudirohusodo. Rumah sakit ini terletak di kawasan kampus Unhas di daerah Kecamatan Tamalanrea, daerah pinggir kota di jalur menuju perbatasan Makassar-Maros.

RSU Regional Wahidin merupakan rumah sakit rujukan, bukan cuma bagi rumah sakit di Sulawesi Selatan melainkan juga rumah sakit di Indonesia timur.

Selain RSU Wahidin, rumah sakit pemerintah lainnya adalah RSU Dadi di Jl Ratulangi, pusat Kota Makassar.

Terdapat sejumlah rumah sakit swasta yang menjadi favorit warga Makassar. Untuk anak-anak, ada Caterina Boat di Jl Arief Rate, tidak jauh dari Pantai Losari Makassar dan Monumen Mandala, tempat favorit mahasiswa menggelar demonstrasi.

Untuk kalangan pejabat dan orang berduit, ada rumah sakit swasta favorit seperti RS Grestelina di Jl Hertaning, dekat kantor PLN Sulselrabar atau dekat pula dengan kantor DPRD Makassar.

Rumah swasta lainnya adalah RS Akademik di Jl Bulusaraung, tidak jauh dari Pasar Sentral Makassar. Rumah sakit ini kepunyaan almarhum Jenderal M Jusuf.

Universitas Muslim Indonesia (UMI), universitas swasta terbesar di Makassar, mengelola satu rumah sakit, RS Ibnu Sina. Letaknya persis di depan kampus UMI di Jl Urip Sumohardjo, dekat kantor Gubernur Sulsel atau bersampingan dengan kantor pusat Bosowa Corporation. Di kawasan inilah mahasiswa UMI sering menggelar demonstrasi.


wSelengkapnya:

MENTERI Pendidikan Nasional (Mendiknas) RI Muh Nuh dijadwalkan meresmikan Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Fakultas Kedokteran Unhas. RSP Unhas berlokasi di jalan masuk Pintu II Unhas, Jl Perintis Kemerdekaan, Tamalanrea, Makassar, Minggu (14/2).

RSP Unhas bakal menyediakan layanan bayi tabung bagi pasangan yang belum memiliki anak. Hadirnya fasilitas bayi tabung ini dijadwalkan sudah ada di tahun 2010 ini.
RS Pendidikan Unhas ini direncanakan dibangun dengan tiga tahap. Tahap I sudah hampir rampung dan tinggal menunggu penyelesaian untuk tahap kedua dan ketiga yakni gedung B dan C.
Fasilitas yang digunakan pad RS Pendidikan unhas ini pun bertaraf internasional. Untuk gedung A memliki dua kamar operasi. Rektor Unhas Prof Dr dr Idrus A Paturusi beberapa waktu lalu mengatakan, biaya pengerjaan untuk satu kamar operasi saja menggunakan dana sebesar Rp 140 juta.(ana)

No comments: